Ketum PBNU: Film Sang Kyai Layak Tonton

Berita Headline
Ketum PBNU: Film Sang Kyai Layak Tonton

Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, menyambut baik segera ditayangkannya film Sang Kyai garapan Rapi Film. Karya layar lebar yang mengisahkan perjalanan hidup dan perjuangan pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, dinilai sarat catatan sejarah yang layak tonton.

 

"Saya secara pribadi dan atas nama NU mengimbau seluruh Nahdliyin untuk menyaksikan film ini. Ini film bagus," kata Kyai Said sesaat setelah menerima pimpinan Rapi Film di kediamannya, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat, (10/5/2013).

 

Kyai Said mengisahkan, salah satu penggalan menarik dari film Sang Kyai adalah saat utusan Presiden Soekarno mendatangi KH Hasyim Asy'ari untuk menanyakan hukum ikut peperangan melawan penjajah Belanda.

 

"Saat itu Mbah Hasyim (sapaan KH Hasyim Asy'ari) menjawab hukumnya wajib. Jadi jihad dalam konteks bela negara memang wajib dilakukan oleh setiap warga negara, termasuk saat itu Nahdliyin," ungkap Kiai Said.

 

Lebih lanjut Kyai bergelar Doktor lulusan Universitas Ummul Qura', Mekah, tersebut menambahkan, banyak catatan sejarah keikutsertaan NU dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang terangkum dalam film Sang Kyai. "Banyak sejarah NU yang di zaman Orde Baru disembunyikan, diungkapkan di film Sang Kyai," pungkasnya.

 

Pemutaran perdana film Sang Kiai dijadwalkan pada tanggal 20 Mei mendatang di XXI Epicentrum, Jalan Rasuna Said, Jakarta. Sebagai bentuk penghormatan atas jasa KH Hasyim Asy'ari terhadap Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga dijadwalkan menghadiri pemutaran perdana film tersebut.

No votes yet