Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PT 20 Persen, Parpol Tak Bisa Usung Capres Sendiri

Berita Parlemen
PT 20 Persen, Parpol Tak Bisa Usung Capres Sendiri
PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) belum tentu akan mencalonkan kembali Jokowi sebagai presiden. Hal ini terkait dengan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu (UU Pemilu) yang telah disahkan dengan aturan presidential threshold (PT) 20-25 persen. 
 
"Belum sampai ke sana," kata Ketua DPP PKB Lukman Edy menjawab pertanyaan kemungkinan kembali mengusung Jokowi ke Pilpres 2019. Wawancara dilakukan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (21/7/2017).
 
Lukman mengatakan PKB punya mekanisme pembahasan dukungan kepada capres, dan itu masih dalam proses. Lagipula, kata Lukman, kontrak PKB adalah mengantar Jokowi-JK hingga selesai sesuai dengan periodenya, yaitu pada 2019.
 
"Kontrak PKB menyukseskan kabinet sampai rezim ini selesai dengan baik," tandas Lukman. 
 
 
Dengan aturan PT 20-25 persen di UU Pemilu, tidak ada parpol yang bisa mengusung capres sendiri. PKB, yang hanya memperoleh sekitar 9,04 persen suara pada Pemilu 2014, harus berkoalisi dengan parpol lain untuk mengusung capres.
 
Saat ini PKB terikat dalam koalisi pendukung pemerintah, yang di dalamnya ada PDIP, Golkar, NasDem, PPP, Hanura, dan PAN. Sejauh ini, baru Golkar, partai parlemen, yang mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi sebagai capres 2019.