Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Ingatkan Kepala Desa, Cak Imin: Dana Desa Uang Panas

Berita Headline
Ingatkan Kepala Desa, Cak Imin: Dana Desa Uang Panas

PKBNews - KETUA Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB H Abdul Muhaimin Iskandar ingatkan kepala desa di seluruh Indonesia bahwa dana desa merupakan uang panas yang harus dijaga benar amanahnya. Jangan sampai tergoda menggunakannya untuk kepentingan pribadi ataupun menggunakan untuk hal-hal yang tidak diperbolehkan.

"Dana Desa merupakan uang panas yang harus dijaga betul amanahnya. Saya imbau semua pihak agar tidak melakukan korupsi Dana Desa yang memang diperuntukan bagi kemajuan masyarakat desa," kata pria yang memiliki panggilan akrab Cak Imin di The Acacia Hotel, Jalan Kramat, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Cak Imin berkata, ada dua hal yang harus diingat kepala desa. Pertama, Dana Desa merupakan uang panas, uang punya rakyat, tidak boleh disentuh satu rupiah pun. Kedua, tujuan perlemen membuat Undang-undang (UU) Dana Desa adalah untuk menyalurkan uang rakyat agar bisa dinikmati langsung oleh rakyat melalui kegiatan ekonomi dan infrastruktur.

"Pembentukan UU Nomor 6 tahun 2016 tentang Desa diharapkannya dapat mempercepat pembangunan desa melalui Dana Desa. Dia berharap tidak ada lagi penyelewengan penggunaan Dana Desa seperti yang terjadi di Pamekasan," katanya.

Cak Imin berkata, dulu dirinya dan PKB menyusun UU Desa dengan harapan pemerataan pembangunan di desa biar cepat berlangsung. Makanya UU itu diketok.

"Waktu itu saya masih pimpinan DPR, lalu kita susun kementerian baru, Kemendes dengan harapan APBN anggaran negara langsung digunakan di desa. Kita masih lupa satu hal, kades ini sumber daya manusianya masih terbatas," ucapnya.

Cak Imin menambahkan, siapapun tak boleh mengganggu uang rakyat. Makanya, Dana Desa penyalurannya langsung, dari Kementerian Keuangan langsung ke desa.

"Tak boleh tersentuh siapapun di tingkat pusat. Maka, uang itu harus betul-betul transparan dalam penggumaannya," tandasnya.