Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Cegah Maraknya Tengkulak, Lakukan Empat Program Dana Desa

Berita Utama
Cegah Maraknya Tengkulak, Lakukan Empat Program Dana Desa
PKBNews - EMPAT program kementerian akan mencegah maraknya keberadaan tengkulak di desa-desa.
 
"Sekarang ini masih ada model-model tengkulak. Nah kita sekarang dorong para petani untuk menjalankan empat program unggulan yang tujuannya untuk membuat desa-desa jadi mandiri," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Senin (17/7/2017).
 
Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, empat program yang dimaksud adalah Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), di mana diharapkan bisa menghasilkan skala ekonomi yang besar. Melalui program tersebut, dunia usaha masuk ke desa, masyarakat pun tak perlu pusing lagi memikirkan tentang proses pascapanen. Karena sarana pascapanen merupakan hal penting dalam sektor pertanian.
 
"Pasar akan melirik hal tersebut lantaran sarana pascapanen akan meningkatkan nilai tambah produk pertanian baik dari segi jumlah maupun kualitas," kata Menteri Eko.
 
Selain itu, kata Menteri Eko, kesempatan masyarakat ditekan juga akan semakin kecil. Hal tersebut tentu berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.
 
Desa diminta agar menentukan produk unggulannya dan fokus mengembangkan hal tersebut. Dengan fokus pada produk unggulan, maka diharapkan terdapat peningkatan skala produksi yang tinggi.
 
Selain Prukades, tiga program unggulan Kemendes PDTT lainnya dalam upaya percepatan pembangunan desa yakni mengembangkan badan usaha milik desa (BUMDes), membangun embung air desa, dan membangun sarana olahraga desa.
 
"Satgas dana desa juga akan mendorong dan mengingatkan agar para kepala desa menjalankan empat program unggulan Kemendes PDTT. Selain itu, Satgas juga akan tetap menjalankan tugas utamanya, yakni mengawasi dan mencegah adanya penyelewengan dana desa," tandas Menteri Eko.