Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Cak Imin : Pemerintah Harus Segera Atasi Kelangkaan Garam

Berita Headline
Cak Imin : Pemerintah Harus Segera Atasi Kelangkaan Garam
PKBNews – BEBERAPA waktu terakhir, Indonesia diterpa kelangkaan garam. Akibatnya harga garam pun melambung tinggi dan masyarakat tampaknya kesulitan mencari garam. 
 
Selain itu, kelangkaan garam pun membuat harga bahan pokok untuk makanan dan industri tersebut melonjak naik. Bahkan, Pemerintah juga mengeluarkan kebijakan untuk impor Garam dari negara lain seperti Australia.
 
Kendati demikian, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Abdul Muhaimin Iskandar menyayangkan keputusan impor garam yang dilakukan pihak terkait untuk memenuhi kebutuhan garam konsumsi. Menurutnya, impor garam seharusnya tidak perlu dilakukan.
 
Menurut pria yang akrab disapa Cak Imin, terkait dengan kelangkaan garam,  pemerintah harus segera mengambil langkah-langkah konkrit terutama pada pemberdayaan Petani garam, industri dan perusahaan garam.
 
“Tentu harus ada solusi yang cepat, bukan saja impor. pemerintah segera mengambil langkah-langkah konkrit kepada pemberdayaan petani garam, industri garam, perusahaan garam bagaimana penanganannya. padahal perusahaan garam sudah kolap lama, namun tidak ada yang kritisi,” kata Cak Imin di Bekasi, Rabu (2/8/2017).
 
Kata Cak Imin, kelangkaan garam ini, harus dicarikan solusi yang komprehensif. Tanggungjawabnya bukan hanya pada satu kementerian perdagangan saja, tapi juga jadi urusan Kementerian Kelautan.
 
“Kelangkaan garam bukan hanya urusan kementerian perdagangan tapi juga urusan kementerian kelautan. mari kita cari solusi komprehensif bagaimana memberdayakan petani garam,” kata Cak Imin.
 
Minimnya perhatian Pemerintah terhadap pemberdayaan Petani garam serta perusahaan garam juga jadi salah satu faktor penyebab garam jadi langka. Dirinya prihatin melihat langkah-langkah yang telah diambil oleh pihak terkait dalam mengelola pasokan garam dan penanganan kelangkaan garam beberapa pekan terakhir.
 
“Sangat memprihatinkan cara-cara kita dalam menangani kelangkaan garam sebagai kebutuhan masyarakat,” tandas Cak Imin.