Partai Kebangkitan Bangsa

Pernyataan Ketua MPR Soal LGBT Mulai Berdampak, Lima Fraksi Berencana Lapor ke MKD

Berita Parlemen

Pernyataan Ketua MPR Soal LGBT Mulai Berdampak, Lima Fraksi Berencana Lapor ke MKD

PKBNews - PERNYATAAN Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan terkait adanya lima fraksi mendukung LGBT mulai berdampak buruk bagi partai-partai tersebut. Pasalnya, di Sumatera Utara (Sumut) sudah beredar meme bertuliskan 'fraksi ini setuju dengan LGBT, untuk (Pemilu) 2019 tidak layak dipilih'.

"Pernyataan Zulkifli sangat berbahaya, saya maklum kalau ada pihak-pihak yang ingin melaporkan Zul ke MKD. Walaupun pelaporan tersebut hanya untuk mencari tahu apakah pernyataanya teledor atau by design (disengaja)," ucap Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Marwan Dasopang, Rabu (24/1/2018).

Marwan meyakini meme terkait hal tersebut tidak hanya tersebar di Sumut, melainkan telah tersebar ke daerah-daerah lainnya di Indonesia. Apalagi saat ini sudah mulai memasuki tahun politik.

"Nah saya pikir penyebaran meme tidak hanya (terjadi) di Sumatra Utara, (tapi juga) seluruh Indonesia itu," jelas Marwan.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tidak mau berspekulasi mengenai kemungkinan pernyataan Zulkifli disengaja atau atau justru disengaja (by design).

"Nah apakah (pernyataan) ini by design, (atau) apakah ini keteledoran, kita tidak tahu," kata Marwan.

Marwan berkata, ada anggota fraksi yang ingin melaporkan Zulkifli ke Mahkamah Dewan Kehormatan (MKD). Tujuannya untuk mengetahui apakah pernyataan tersebut berdasar keteledoran atau by design.

"Jika memang Zulkifli teledor dalam menyampaikan pernyataannya, maka bisa saja selesai dengan meminta maaf, namun jika terbukti by design, ada langkah lain yang akan diambil. Makanya, teman-teman ingin membawa ini ke MKD, kalau teledor boleh minta maaf, tapi kalau design, memojokkan pihak lain, boleh dituntut," tandasnya.