Partai Kebangkitan Bangsa

Ketersediaan Informasi Menjadi Sangat Vital Dalam Penanganan Bencana

Berita Utama

Ketersediaan Informasi Menjadi Sangat Vital Dalam Penanganan Bencana

PKBNews - KETERSEDIAAN informasi yang akurat menjadi hal vital dalam penanganan bencana alam. Pemerintah harus segera membenahi sistem informasi bencana agar mudah diakses masyarakat. Sebab, bencana tidak pernah mau menunggu.

"Bila informasi soal bencana mudah diakses, Insya Allah tingkat kerugian material dan nyawa dapat diminimalkan. Alhamdulillah aktifitas Gunung Agung mereda. Tapi kita tetap harus waspada," kata Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Selasa (10/10/2017).

Menurut Cak Imin, masyarakat wajib bahu membahu bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemerintah daerah (pemda) dan aparatur sipil negara untuk terus menjalin komunikasi.

"Isu yang kita sering hadapi dalam penanggulangan bencana alam adalah tingkat kerentanan (vulnerability). Tingkat kerentanan kita masih tinggi dalam menghadapi bencana alam, karena banyak faktor yang terkait. Makanya diperlukan koordinasi dan informasi akurat," katanya.

Yang terpenting dari semua itu, kata Cak Imin, antarwarga tetap memupuk jiwa kesetiakawanan atau people helping people. Saling bantu dalam kesusahan.

"Letusan Gunung Agung adalah rangkaian bencana yang akan sering kita alami selama kita berdiam di Indonesia. Menurut data, ada 129 gunung api aktif di Indonesia, 80 diantaranya dalam kategori berbahaya. Disinilah kenapa people helping poeple sangat dibutuhkan," ucapnya.

Cak Imin mengingatkan, tingkat kemiskinan, pendidikan, pengetahuan, kesadaran, infrastruktur penunjang serta informasi yang rendah menyebabkan banyak korban jiwa.

"Saya mengajak semua komponen masyarakat dan seluruh warga PKB terutama di daerah rawan bencana untuk selalu siaga dan sigap mengantisipasi datangnya bencana," tandasnya.